-->
MENU
INSPIRATIF SEPUTAR PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Pembuatan SIM Secara Online (E-SIM) Untuk Mempermudah Masyarakat Di Kabupaten Cilacap

Pembuatan SIM Secara Online (E-SIM) Untuk Mempermudah Masyarakat Di Kabupaten Cilacap

Pembuatan SIM Secara Online (E-SIM) Untuk Mempermudah Masyarakat Di Kabupaten Cilacap

" Jika Belum Siap Melihat Banyak Warna Jangan Pergi Kedunia Maya "

Seseorang yang menggunakan kendaraan dijalan baik motor ataupun mobil pasti diwajibkan untuk memiliki SIM untuk membuat pengendara menjadi aman. SIM (Surat Izin Mengemudi) diwajibkan ontuk semua pengendara yang minimal berusia 17 tahun ke atas. SIM seringkali dianggap sepele bagi pengemudi saat berkendara padahal itu merupakan sebagai identitas diri yang udah ditentukan sebagai keselamatan berkendara.

Di Kabupaten Cilacap sendiri pembuatan SIM sudah dipermudah dilakukan setiap hari Senin sampai hari Kamis di Polres Kabupaten Cilacap. Hal ini dilakukan agar setiap orang yang sudah berkewajiban membuat SIM untuk segera membuatnya. Pembuatan SIM di Kabupaten Cilacap juga sudah dipermudah lagi dengan adanya pembuatan SIM keliling disetiap sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Cilacap termasuk di sekolah saya dulu. Bahkan mirisnya sudah dipermudah lagi dengan cara ilegal dengan adanya pungli-pungli yang ada, tetapi itu sudah dihilangkan meski ada beberapa oknum.

Tetapi dalam pembuatan SIM tak selalu lancar dipermudah pembuatannya. Kabupaten Cilacap adalah kabupaten terbesar yang ada di Jawa Tengah, tak ayal banyak masyrakat yang berbondong-bondong untuk membuat SIM di Polres Cilacap. Ada berbagai masalah yang saya catat dalam pembuatan SIM yang saat ini terjadi diantaranya:

1. Pungli

Pungli Membujukmu

Ada tidaknya pungli memiliki pendapat yang beragam bagi masyarakat di Kabupaten Cilacap untuk membuat SIM, karena pungli berpengaruh pada proses pembuatan SIM dimana bila kita membayar lebih kepada oknum tersebut kita akan dipermudah membuat SIM dan SIM akan dicetak secepat mungkin tanpa adanya tes persyaratan pembuatannya. Ada masyarakat yang setuju ada pungli karena akan mempercepat waktu dan tidak berbelit-belit, ada juga yang tidak setuju karena selain menjadi kebiasaan buruk juga melanggar hukum yang ada.

2. Proses Yang Lama

Proses Antre Pembuatan SIM

Seorang yang akan membuat SIM biasanya agar tidak dapat antrean banyak minimal harus datang jam 6 pagi untuk mempercepat proses pembuatannya. Padahal Kabupaten Cilacap itu sangat luas dan pengalaman yang sudah-sudah bagi seseorang yang dari wilayah jauh datang ke Polres harus mengantri lama bahkan harus mengurus ini itu.

3. Proses Berbelit-belit

Test Drive Pembuatan SIM Kendaraan Bermotor
Saya menyampaikan ini berdasarkan pandangan masyarakat saat ini karena tidak adanya pungli justru membuat masyarakat yang akan membuat SIM akan kesulitan membuatnya. Seseorang harus melalui serangkaian tes seperti tes kesehatan,tes teori,pengecekan biodata, dan tes mengemudi. Banyak yang gagal pada test drive karena dianggap sulit.

Solusi baik yang sebaiknya perlu dilakukan di Kabupaten Cilacap ataupun yang lainnya adalah membuat SIM secara online atau e-SIM. Apa keunggulan dan sistem kerjanya ?
1. Mempersingkat Waktu
Seseorang tak perlu mengurus berkas ini itu di Polres Cilacap pagi-pagi dan untuk mengantri. Kabupaten Cilacap itu sangat luas perlu adanya e-SIM sebagai upaya masyarakat lebih muda mengurus berkasnya secara online dan dikirim melalui website yang telah disediakan seperti yang sudah diberlakukan oleh BPJS sebagai langkah mempermudah masyarakat.
2. Menghemat Biaya
Seseorang yang jauh-jauh ke kota untuk membuat SIM lalu pada saat test drive gagal lalu seminggu lagi datang lagi ke kota dan belum tentu diterima ini akan membuat masyarakat jenuh dengan proses pembuatan yang ada. Kenapa tidak dilakukannya pembayaran online pembuatan e-SIM seperti contoh pendaftaran kuliah (SBMPTN/UM).
3. Menghilangkan Pungli
Bila pendaftaran dan pembayaran secara online otomatis seseorang tinggal test teori dan test drive lalu pencetakan SIM di Polres.

Sistim Kerja e-SIM yang perlu dikembangkan di Kabupaten Cilacap adalah
1. Seseorang mengisi form yang telah disediakan pada website untuk mengurus pembuatan SIM secara online. Diantaranya form biodata pembuat,form kesehatan (berat&tinggi badan,buta warna,riwayat penyakit).
2. Pembayaran secara online, pihak polres dapat bekerja sama dengan bank-bank untuk pembayaran pembuatan SIM secara sah dengan jangka waktu yang ditentukan sesuai waktu pengisian form biodata pembuat.
3. Setelah pembayaran online diharapkan ada sistem jangka waktu yang dibuat untuk pembuat SIM agar datang ke Polres untuk melakukan tes tertulis,tes drive,lalu foto dan percetakan SIM. Misalnya adalah setelah pembayaran pendaftaran SIM orang tersebut harus datang ke Polres dalam waktu 3 hari.
4. Data pendaftar yang ada saat melakukan tes sudah ada dalam website dan dapat diatur jam dan tanggalnya. Jadi tidak adanya kekeliruan dan antrean yang panjang.
5. Bila adanya kegagalan dalam melakukan tes-tes yang telah disediakan diharapkan ada penyampaian peraturan secara online juga misal dalam waktu 7 hari orang tersebut harus datang lagi ke Polres Cilacap.
6. Tambahan, Selain untuk membuat SIM secara online solusi ini juga dapat digunakan untuk memperpanjang SIM untuk melakukan registrasi dan pembayarannya.

Bisa dikatakan dengan adanya pembuatan e-SIM atau SIM secara online seperti yang dilakukan BPJS ataupun instansi pendidikan perkuliahan akan mempermudah masyarakat yang ada di Kabupaten Cilacap untuk membuat SIM tanpa ada proses yang lama, apalagi letak geografis yang luas membuat masyarakat kadang enggan untuk pergi membuat SIM yang prosesnya berbelit-belit. Saat ini teknologi semakin canggih bila kita manfaatkan dengan baik akan memberikan feedback bagi kita sendiri. Sekian uneg-uneg berdasarkan apa yang saya lihat dan teman saya rasakan semoga bermanfaat dan dapat diterapkan di Kabupaten Cilacap agar masyrakat lebih maju #Menuju100SmartCity . Terimakasih.

" Jika Belum Siap Melihat Banyak Warna Jangan Pergi Kedunia Maya "

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url
" Jika Belum Siap Melihat Banyak Warna Jangan Pergi Kedunia Maya "
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 komentar

Bagaimana tanggapan kalian sebagai warga Cilacap khususnya

Balas

Jangan Lupa Tinggalkan Pesan Atau Masukan Mengenai Artikel Ini Gunakan kode <i rel="image">URL GAMBAR DI SINI</i> untuk menyertakan gambar di komentar.

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box